BAB
I
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Perpustakaan merupakan pusat informasi dan sumber
ilmu pengetahuan. Perpustakaan pada prinsipnya mempunyai tiga kegiatan pokok,
yang pertama yaitu, mengumpulkan semua informasi yang sesuai dengan kegiatan
yang dilayaninya, yang kedua melestarikan memelihara, dan merawat seluruh
koleksi perpustakaan agar tetap baik dan tidak rusak, dan yang ketiga
menyediakan dan menyajikan informasi untuk siap dipergunakan dan dierdayakan
pemakainya.
Dalam kehidupan modern yang ditandai dengan
perkembangan dan persebaran informasi yang begitu cepat, dan di dalamnya
terdapat peran perpustakaan yang signifikan. Oleh karena itu, dalam makalah ini
akan kami jelaskan peran, tujuan, fungsi dan yang lebih utama adalah pengertian
perpustakaan secara umum.
B.
Tujuan Penulisan Makalah
Adapun
tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang:
1. Pengertian
Perpustakaan.
2. Jenis,
Fungsi, dan Tujuan Perpustakaan.
3. Peranan
Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar Bahasa Arab.
BAB
II
Pembahasan
A.
Pengertian Perpustakaan
Kata perpustakaan berasal dari kata pustaka yang
artinya kitab, buku- buku, kitab primbon. Kemudian kata pustaka tersebut
mendapat imbhan per dan an yang mempunyai arti kumpulan buku- buku bacaan atau
bibliotek atau buku- buku kesusasteraan. Pengertian perpustakaan secara umum
adalah suatu tempat atau gedung yng berisi buku- buku koleksi yang disusun
secara teratur sehingga mudah untuk dicari bagi pembaca ketika dibutuhkan.[1]
Melihat definisi perpustakaan di atas secara umum
bisa diambil kesimpulan bahwa perustakaan mempunyai beberapa cirri- cirri,
yaitu:[2]
1. Tersedianya
ruangan yang digunakan khusus untuk perpustakaan,
2. Ada
koleksi bahan pustaka atau sumber informasi bahan lainnya,
3. Ada
petugas yang melayani para pengguna perpustakaan,
4. Ada
masyarakat pengguna,
5. Ada
sarana dan prasarana yang diperlukan,
6. Ada
tata cara atau mekanisme tertentu yang diperlukan dalam perpustakaan.
Orang yang bekerja dan memiliki kemampuan dan
mengelola perpustakaan disebut pustakawan. Berdasarkan Keputusan Mentri
Penertiban Aparatur Negara (Kepmenpan) Nomor 18 Tahun 1988 disebutkan bahwa
pustakawan adalah pegawai negri sipil yang diberi tanggung jawab dan hak secara
penuh untuk melakukan kegiatan kepustakawanan pada unit- unit perpustakaan,
dokumentasi, dan informasi pemerintah atau unit lainnya.
Pada dasarnya perpustakaan merupakan salah satu
symbol peradaban manusia, artinya masyarakat yang telah memiliki perpustakaan
yang sudah berkembang dengan baik dan maju, maka masyarakat itulah yang telah
diindikasikan berperadaban tinggi. Perkembangan perpustakaan memang lambat tapi
pasti. Perpustakaan sudah m,enjadi tempat berbagai penemuan dan pengetahuan
serta peristiwa- peristiwa penentu sejarah yang terhimpun dan terabadikan serta
dapat dinikmati orang banyak. Perpustakaan merupakan rantai sejarah bagi masa
lalu, pijakan bagi kehidupan umat manusia di masa sekarang dan pembimbing untuk
melangkah ke masa depan.[3]
Perpustakaan merupakan alat yang vital dalam setiap
program pendidikan, pengajaran, dan penelitian (research) bagi setiap lembaga
pendidikan atau ilmu pengetahuan. Hamper setiap pendidik mengatakan bahwa
perpustakaan adalah inti setiap program pendidikan dan pengajaran atau dalam
bahasa asingnya The heart of the educational programs. Sehingga, para
ahli banyak yang menyimpulkan bahwa nilai suatu lembaga pendidikan, perguruan
tinggi, atau lembaga riset tergantung pada kualitas, kelengkapan dan
kesempurnaan perpustakaan yang dimiliki.[4]
B.
Tujuan, Fungsi, dan Jenis
Perpustakaan
Tujuan perpustakaan adalah untuk menyediakan
fasilitas, sumber informasi dan pusat pembelajaran untuk menciptakan masyarakat
yang terdidik, terpelajar, terbiasa membaca, dan berbudaya tinggi. Setiap orang
yang teratur atau rutin membaca khususnya di perpustakaan maka dia akan dapat
mengembangkan informasinya, dan dapat mengikuti perkembangan zaman, selain itu
dia akan memperoleh kesenangan, rekreasi, dan kepuasan batin yang tidak
ditemukan di tempat lain.
Setiap orang yang masuk ke perpustakaan tujauannya
adalah untuk membaca dan mempelajari sesuatu. Apabila ditulis secara detail
tentang tujuan seseorang masuk perpustakaan adalah:[5]
1.
Dapat mengikuti peristiwa dan
perkembangan dunia terakhir, melalui berbagai macam sumber.
2.
Mendapatkan pengajaran atau pendidikan
secara tidak sengaja atau otodidak
3.
Mencari refrensi dalam menyelesaikan
tugas, menulis, dll.
Secara umum, fungsi- fungsi perpustakaan adalah:[7]
1. Fungsi
edukatif
Buku- buku yang
terdapat dalam perpustakaan bisa membantu para siswa atau masyarakat umum
meningkatkan interes membaca, sehingga teknik membaca semakin lama semakin
mereka kuasai. Buku- buku perpustakaan juga sebagian besar disesuaikan dengan
kurikulum sekolah, sehingga bisa menunjang penyelenggaraan pendidikan sekolah.
Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa perpustakaan memiliki fungsi edukatif.
2. Fungsi
Informatif
Perpustakaan tidak
hanya menyediakan buku- buku sebagai bahan informasi, akan tetapi juga terdapat
video, televise, peta, artikel, slide projector, dll sebagai pusat informasi.
3. Fungsi
Tanggung Jawab Administratif
Fungsi ini tampak pada
kegiatan sehari- hari. Setiap peminjam dan pengunjung perpustakaan harus
menyerahkan kartu anggota dan membayar denda bagi yang telat mengembalikan
buku. Setiap pengunjung dilarang mengganggu pengunjung lainnya yang sedang
membaca, dan tidak boleh membawa tas dalam perpustakaan. Apabila menghilangkan
buku pinjaman maka harus menggantinya. Dari hal ini secara tidak langsung
melatih masyarakat untuk bersikap dan bertindak secara administrative.
4. Fungsi
Riset
Perpustakaan
menyediakan bahan pustaka, sehingga masyarakat yang sedang melakukan penelitian
bisa mencari refrensi dalam perpustakaan.
5. Fungsi
Rekreatif
Fungsi ini tidak
dilihat dari segi fisik pergi ke suatu tempat. Tapi, dilihat dari segi
psikologisnya, misalnya seseorang yang membaca buku tentang kota Malang. Dari
buku tersebut dia akan mengetahui keindahan pariwisata di kota Malang, hawa
kota Malang, dan terdapat gambar- gambar bangunan- bangunan kota malang dll.
Secara tidak langsung, pembaca akan merasakan bertamasya di kota Malang.
Perpustakaan mempunyai banyak fungsi. Jenis
perpustakaan satu dengan perpustakaan lainnya mempunyai jenis yang berbeda-
beda, akan tetapi tetap mmempunyai satu tujuan, yaitu sumber informasi. Ada
beberapa jenis perpustakaan, yaitu:
1. Perpustakaan
Nasional RI
Perpustakaan
Nasional RI termasuk dalam perpustakaan khusus, terutama untuk bidang- bidang
social dan kemanusiaan. Tugas pokok perpustakaan RI adalah melaksanakan
pengumpulan dan penyimpanan bahan pustaka tertulis, tercetak, dan terekam baik
yang ada di Indonesia ataupun di luar negri sebagai khazanah kebudayaan bangsa
serta untuk kepentingan pembangunan nasional dan kemajuan bangsa.[8] Perpustakaan
ini tidak member pinjaman dibawa ke luar perpustakaan. Kegiatan- kegiatan dalam
perpustakaan Nasional RI adalah:[9]
-
Pusat kerjasama antara perpustakaan baik
di dalam maupun luar negri
-
Pusat deposit nasional
-
Pusat layanan refrensi dan penelitian
-
Pusat bibliografi nasional
-
Pusat pembinaan semua jenis perpustakaan
di Indonesia
-
Pusat pengembangan sumber daya
perpustakaan.
2. Perpustakaan
Umum
a. Perpustakaan
Umum Kabupaten/Kota
b. Perpustakaan
Umum tingkat desa/kelurahan
c. Perpustakaan
umum tingkat kecamatan
d. Perpustakaan
keliling. dan lain sebagainya.
3. Perpustakaan
Perguruan Tinggi
Perpustakaan
umum bisa diibaratkan menjadi Universitas bagi masyarakat, lain halnya dengan perpustakaan
perguruaan tinggi, perpustakaan ini benar-benar ada pada suatu perguruan tinggi
baik berbentuk universitas akademi, sekolah tinggi, ataupun institute. Tugas
dan fungsi perpustakaan ini adalah untuk melaksankan Tri Dharma Perguruan
Tinggi, yaitu: Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Perpustakaan
perguruan tinggi sering disebur sebagai jantungnya universitas, karena tanpa
perpustakaan pelaksanaan pembelajaran kurang kondusif, yang biasanya digunakan
oleh para mahasiswa untuk penelitian dan mencari referensi.
4. Perpustakaan
Sekolah
Sesuai
dengan namanya, perpustakaan ini ada di lingkungan sekolah, dikelolah oleh
sekolah dan berfungsi sebagai sarana belajar-mengajar, penelitian sederhana,
menyediakan bahan bacaan guna menambah ilmu pengetahuan. Perpustakaan Sekolah
sangat bermanfaat dalam menunjang proses belajar mengajar, namun adanya kendala
tertentu yang membuat perpustakaan sekolah ditiadakan, sehingga masih banyak
sekolah-sekolah yang belum mempunyai perpustakaan sekolah.
5. Perpustakaan
Khusus
6. Perpustakaan
Lembaga Keagamaan
Perpustakaan
lembaga keagamaan adalah perpustakaan yang dimiliki dan dikelolah oleh
lembaga-lembaga keagamaan, misalnya: perpustakaan masjid, perpustakaan gereja,
perpustakaan lembaga dalam agama Hindu dan Budha, dan yang lainnya.
7. Perpustakaan
Digital
Yaitu, kumpulan informasi
digital yang tertata dengan memanfaatkan jaringan informasi. Perbedaan
perpustakaan ini dengan lainnya adalah informasi yang disimpan tidak hanya
terlihat secara fisik akan tetapi berbasis web atau internet. Perpustakaan
digital mempunyai tiga karakteristik, yaitu:[10]
a. Memakai
teknologi yang mengintegrasikan kemampuan menciptakan, mencari, dan menggunakan
informasi dalam sebuah jaringan digital yang luas
b. Memiliki
koleksi yang mencakup data dan metadata yang saling mengaitkan berbagai data,
baik di lingkungan eksternal maupun internal
c. Merupakan
kegiatan mengoleksi dan mengatur sumberdaya digital yang dikembangkan bersama-
sama komunits pemakai jasa.
8. Badan
Perpustakaan Daerah
Badan
perpustakaan daerah atau lembaga lain yang sejenisadalah yang berkedudukan di
tiap provinsi di Indonesiayang mengelolah perpustakaan, perpustakaan tersebut
sudah mengalami beberapa kali perubahan nama dari perpustakaan negara,
Perpustakaan Wilayah, Perpustakaan Nasional Daerah, namun tetap mempunyai
peran, tugas dan fungsi yang sama, yaitu perpustakaan, dokumentasi, dan
informasi.
9. Perpustakaan
Internasional
Perpustakaan
ini menyediakan tentang informasi, dokumentasi yang bersifat internasional
yaitu berhubungan dengan negara-negara lain atau negara-negara anggota,
seperti: Perpustakaan Sekretariat Asean yang mempunyai koleksi berbagai
informasi dan ilmu pengetahuan tentang negaranya masing-masing, seperti tentang
pariwisata, sejarah, geografi, politik, penduduk, social dan budaya. Dan
pemakainya juga berasal dari berbagai kelompok masyarakat dan warga asing yang
sedang berkunjung kenegara tersebut.
10. Perpustakaan
Kantor Perwakilan Negara- Negara Asing
Perpustakaan
ini adalah perpustakaan yang dimiliki dan diselenggarakan oleh lembaga atau
kantor perwakilan negara-negara asing, perpustakaan ini dapat ditemukan pada
kedutaan besar negara-negara sahabat atau lembaga tertentu, seperti:
Perpustakaan British Caunsil, Perpustakaan Lembaga Amerika, Perpustakaan
Kebudayaan Prancis dan sebagainya, yang mana melalui lembaga-lembaga ini sering
ditawarkan dan dikembangkan kerja sama, baik dengan lembaga-lembaga pemerintahan
maupun lembaga swadaya masyarakat atau yang bersifat perorangan.
11. Perpustakaan
Pribadi
Drs. Ibrahim Bafadal dalam bukunya pengelolaan
perpustkaan sekolah menjelaskan bahwa jenis perpustakaan hanya ada lima yaitu,
perpustakaan sekolh, perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan
nasional, dan perpustakaan perguruan tinggi.
C.
Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber
Belajar Bahasa Arab
Fungsi adanya
perpustakaan diantaranya adalah sebagai pusat mencari informasi atau bisa juga
dipakai sebagai pusat sumber belajar, diantaranya adalah belajar Bahasa arab.
Dalam pembelajaran Bahasa arab ada beberapa media yang digunakan baik media
visual atau audio visual. Perpustakaan
merupakan media pembelajaran Bahasa Arab yang bersifat visual.
Praktek pembelajaran Bahasa Ara menggunakan media
perpustakaan adalah dengan cara, misalnya siswa disuruh mencari artikel
kemudian menyimpulkan bahasan dalam artikel tersebut dengan cara lisan
menggunakan Bahasa Arab. Selain itu fungsi perpustakaan sebagai sumber belajar
khususnya dalam pembelajaran Bahasa Arab adalah membantu minat baca siswa.
Tentunya, membaca artikel- artikel Bahasa arab yang dapat membantu menambah
koleksi mufrodat siswa.
Apabila mata pelajaran siswa menginjak materi
istima’, maka perpustakaan tetap bisa menjadi sumber belajar bagi mereka.
Sebab, dalam perpustakaan tidak hanya terdapat buku- buku bacaan saja, tetapi
ada tempat koleksi CD atau kaset tentang materi terkait. Oleh karena itu, ada
beberapa pakar menyebutkan, semakin lengkap fasilitas perpustakaan dalam
sekolah, semakin bagus sistem pendidikan dalam sekolah tersebut.
BAB
III
Kesimpulan
·
Kata perpustakaan berasal dari kata
pustaka yang artinya kitab, buku- buku, kitab primbon. Kemudian kata pustaka
tersebut mendapat imbhan per dan an yang mempunyai arti kumpulan buku- buku
bacaan atau bibliotek atau buku- buku kesusasteraan. Pengertian perpustakaan
secara umum adalah suatu tempat atau gedung yng berisi buku- buku koleksi yang
disusun secara teratur sehingga mudah untuk dicari bagi pembaca ketika
dibutuhkan
·
Fungsi adanya perpustakaan diantaranya
adalah sebagai pusat mencari informasi atau bisa juga dipakai sebagai pusat
sumber belajar, diantaranya adalah belajar Bahasa arab. Dalam pembelajaran
Bahasa arab ada beberapa media yang digunakan baik media visual atau audio
visual. Perpustakaan merupakan media
pembelajaran Bahasa Arab yang bersifat visual.
·
semakin lengkap fasilitas perpustakaan
dalam sekolah, semakin bagus sistem pendidikan dalam sekolah tersebut.
Daftar
Pustaka
NS,
Sutarno. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Perpustakaan Nasional
RI. 2001. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Umum. Jakarta:
Perpusnas.
Trimo,
Soejono. 1985. Pedoman Pelaksanaan
Perpustakaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Bafadal,
Ibrahim. 1992. Pengelolaan
Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistyo.
1994. Periodisasi Perpustakaan Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pendit,
Putu Laxman. 2007. Perpustakaan Digital. Jakarta: Sagung Seto.
[1] Sutarno NS, Perpustakaan
dan Masyarakat (Jakarta: CV. Sagung Seto, 2006), h. 11.
[3] Perpustakaan
Nasional RI, Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Umum (Jakarta:
Perpusnas, 2001), h. 5.
[4] Soejono Trimo,
Pedoman Pelaksanaan Perpustakaan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1985),
h. 1.
[5] Sutarno NS,
Op. Cit., h. 4.
[6] Soejono Trimo,
Op. Cit., h. 13.
[7] Ibrahim
Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 1992),
h. 7.
[8] Sulistyo, Periodisasi
Perpustakaan Indonesia (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994), h. 86.
[9] Sutarno, Op.Cit.,
h. 38.
[10] Putu Laxman
Pendit, Perpustakaan Digital (Jakarta: Sagung Seto, 2007), h. 30- 31.




kaindajacobsohn
3 Maret 2022 pukul 16.48
Blackjack, 밀양 출장샵 Texas hold'em, $5 casino bonus. Posted: 영주 출장마사지 11 김해 출장안마 years ago. In this article, I'll be 평택 출장마사지 focusing on what happens if your game 상주 출장샵 loses.